Sekilas Info

Deskripsi Singkat

Maksud & Tujuan :

Informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Sebagai bagian dari keterbukaan informasi publik, maka keterbukaan data (opendata) adalah bagian dari keterbukaan informasi publik.

Pengelola/Penyedia Data :

Saat ini pengelola portal data adalah Dishubkominfo Banda Aceh, sementara penyedia data diharapkan dari setiap SKPK Kota Banda Aceh ikut serta dalam kontribusi keterbukaan data sesuai dengan amanah keterbukaan informasi yang ada. Bentuk implementasi awal dari proyek opendata ini merupakan hasil kerjasama Kinerja-USAID dan Pemko Banda Aceh.

Roadmap Open Data Banda Aceh :

Roadmap Open Data Banda Aceh

Teknologi :

DKAN adalah versi Drupal dari aplikasi CKAN, platform terbuka bagi penerbitan data yang terkemuka di dunia. Solusi perangkat lunak open source ini cukup lengkap untuk penerbitan data, antarmuka API data, serta fungsi standar CKAN lainnya. Tujuan dari DKAN adalah untuk menggabungkan utilitas CKAN dengan kemudahan pemeliharaan dari Drupal.

Untuk para pengembang, kunjungi http://drupal.org/project/dkan untuk kode-sumber, dokumentasi, dan untuk berkontribusi.

Untuk para pengguna : kunjungi http://getdkan.com untuk informasi lebih lanjut.


FAQ (Frequently Ask Question)1

Apa itu data terbuka?

Data terbuka atau open data adalah data yang memiliki kaidah “terbuka”, dapat digunakan secara bebas, dimanfaatkan, dan didistribusikan kembali oleh siapapun tanpa syarat kecuali dengan dengan persyaratan memberikan atribusi kepada si pemilik data. Definisi ini adalah definisi umum yang disadur dari Open Data Handbook yang dikeluarkan oleh OKFN (Open Knowledge Foundation Network). Anda bisa merujuk pada definisi lengkapnya di sini: http://opendatahandbook.org/en/what-is-open-data/

Bagaimana cara mendapatkan data di dalam Portal OpenData ini ?

Pengguna tidak perlu mekanisme meminta data secara khusus untuk mendapatkan data di dalam portal. Portal ini dirancang agar para pengunjung portal bisa dengan mudah mendapatkan data dengan beberapa klik saja.

Bagaimana dengan Rahasia Negara dan Data Sensitif ?

Data yang ada di dalam Portal Data Indonesia wajib mematuhi semua peraturan keterbukaan informasi publik yang di dalamnya melarang dipublikasikan data yang mengandung rahasia negara dan privasi warga. Oleh karena itu dapat dipastikan bahwa data yang ada di dalam sini tidak melanggar semua peraturan tersebut.

Apa Payung Hukum Open Data Banda Aceh ?

Payung Hukum Open Data Banda Aceh adalah Peraturan Walikota No. 26 Tahun 2016 tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Data .


  1. partly taken from http://data.id/faq.html